Tips agar android tak sering cas ini juga membantu Anda untuk melepas ketergantungan penggunaan powerbank kemana pun dan kapan pun. Sekarang ini, fitur smartphone dan sistem operasi android semakin rumit seiring dengan perkembangan teknologi. Fitur yang lengkap dan banyak aktivitas ini membuat baterai makin boros.

Saat ini, hampir semua smartphone sudah dibekali dengan layar yang lebar dan baterai yang mumpuni. Sayangnya, tidak semua ponsel didukung dengan inovasi di bidang baterai sehingga sering kali ponsel mengalami penggunaan baterai yang boros. Tidak banyak perubahan pada sisi sumber daya smartphone yang sebenarnya dibutuhkan.

Padahal tidak selamanya kita bisa melakukan pengisian ulang baterai dengan cas atau membawa powerbank. Namun, Anda tidak perluk hawatir karena ternyata ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar android tak sering cas. Penggunaan baterai yang lebih hemat tentu akan memudahkan Anda membawa ponsel kemana saja.

Baca juga: Cara Atasi Smartphone Mati Total dengan Mudah

Batasi Penggunaan Lokasi pada Aplikasi

Beberapa aplikasi biasanya membutuhkan fitur lokasi, sepertia plikasi ojek online, Map dan lain sebagainya. Setelah selesai menggunakan aplikasi tersebut, sering kali kita lupa untuk mematikan fitur lokasi tersebut. Padahal, lokasi yang terus aktif menjadi salah satu penyebab mengapa baterai mudah habis atau menjadi boros.

Anda bisa mematikan fungsi GPS sepenuhnya untuk menghemat penggunaan baterai. Sayangnya, cara ini tidak memberikan pengaruh banyak sehingga penggunaan baterai bisa tetap boros. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara lain yang bisa dilakukan agar android tak sering cas atau pun bergantung pada powerbank.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengontrol penggunaan lokasi pada aplikasi. Smartphone android biasanya membutuhkan pengaktifan lokasi agar bisa digunakan dengan baik. Hal inilah yang justru menyedot banyak baterai sehingga cepat habis dan Anda harus menyiapkan powerbank atau charger untuk mengisi ulang baterai.

Cara ini pun sangat mudah untuk dilakukan, yaitu Anda tinggal membuka menu ‘Settings’ dan pilih ‘Location’, kemudian pada bagian metode lokasi klik ‘phone only’ atau ‘device only’. Selain itu, nonaktifkan bluetooth dan pemindai Wi-Fi juga.

Gunakan Tema Berwarna Hitam

Setiap merek ponsel pasti memiliki banyak pilihan tema yang bisa Anda terapkan sesuai keinginan. Namun, dark theme menjadi tema yang sedang diunggulkan oleh banyak merek ponsel, termasuk Samsung dan merek ponsellainnya. Kebanyakan dari ponsel tersebut memakai layar OLED yang dilengkapi dengan latar bertema hitam.

Penggunaan latar bertema hitam atau dark theme ini ternyata dapat meningkatkan daya tahan baterai ponsel. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar android tak sering cas dan Anda pun tidak perlu lagi bergantung pada powerbank karena pemakaian baterai ponsel menjadi lebih hemat.

Cara pertama, pilihlah wallpaper yang didominasi dengan warna hitam. Meskipun sudah ada fitur dark theme pada sebagian besar aplikasi, tapi wallpaper berwarna gelap juga sangat membantu ponsel untuk lebih menghemat pemakaian baterai. Jadi, Anda bisa mulai mengganti wallpaper dengan dominasi warna gelap.

Agar android tak serin gcas dan penggunaan baterai bisa lebih hemat, Anda bisa menerapkan secara keseluruhan dark theme pada smartphone Anda. Beberapa smartphone sudah memiliki fitur ini sehingga Anda tidak perlu mengaktifkan dark theme satu per satu pada tiap aplikasi karena bisa diterapkan secara menyeluruh.

Matikan Wi-Fi Otomatis

Sebelum pembaruan Oreo pada android mungkin kita tidak perlu khawatir dengan fitur pemindaian Wi-Fi karena tidak akan aktif jika kita tidak mengaturnya sendiri di setting. Namun, berbeda dengan android yang sudah disematkan sistem operasi Oreo di mana pemindaian Wi-Fi bisa berjalan otomotis.

Pemindaian Wi-Fi bisa aktif dengan sendirinya, meskipun Wi-Fi sedang dalam keadaan mati. Hal ini jarang kita sadari sehingga tiba-tiba baterai ponsel mudah habis. Agar android tak sering cas dan kita tak terlalu bergantung pada powerbank, maka Anda harus mematikan fitur bawaan ini.

Di beberapa tempat yang kita kunjungi mungkin memiliki jaringan Wi-Fi, baik dengan password atau pun tidak. Terkadang, jangkauan yang terlalu jauh juga membuat pemindai Wi-Fi bekerja lebih keras sehingga membuat baterai lebih cepat habis. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, maka segera matikan fitur.

Untuk melakukannya, bukalah bagian pengaturan kemudian klik ‘Network & Internet’ lalu pilih ‘Wi-Fi’. Selanjutnya, matikan opsi ‘Turn on Wi-Fi automatically’ pada bagian bawah ‘Wi-Fi preferences’, maka pemindaian Wi-Fi otomatis akan dinonaktifan agar android tak sering cas.

Pantau Aplikasi yang Aktivitasnya Berlebih

Banyak orang yang belum menyadari bahwa ada beberapa aktivitas aplikasi yang ikut berperan dalam pemborosan baterai ponsel. Apabila ada aplikasi yang tidak berjalan seperti seharusnya, maka bisa menjadi salah satu penyebab mengapa baterai smartphone cepat habis danAnda pun harus segera mengisi ulang baterai.

Aktivitas aplikasi berlebih biasanya disebabkan oleh bug atau fitur aplikasi yang berjalan terlalu agresif di background. Sayangnya, tidak semua orang menyadari hal ini sehingga tiba-tiba baterai ponsel berkurang dengan cepat tanpa kita tahu penyebabnya. Agar android tak sering cas, Anda pun harus memperhatikan hal ini.

Anda harus memantau aktivitas aplikasi yang terlalu banyak menyedot baterai. Caranya sangat mudah, yaitu dengan membuka pengaturan pada android, kemudian pilih ‘Battery’, lalu klik ‘Menu’ dan pilih ‘Battery Usage’ maka akan ditampilkan pemakaian baterai pada beberapa aplikasi.

Jika Anda menemukan aplikasi dengan konsumsi baterai yang mencurigakan meskipun tidak sedang digunakan, sebaiknya Anda menghapus aplikasi tersebut. Sebelum aplikasi dihapus, penggunaan baterai akan terus boros. Untuk itu, segera lakukan cara ini agar android tidak sering cas dan Anda pun tak perlu bergantung pada powerbank.

Gunakan Aplikasi Versi Lite

Jika belum ada tips yang berpengaruh terhadap pemakaian baterai pada ponsel Anda, maka ada cara lain yang masih bisa dijadikan alternatif. Caranya yaitu menggunakan aplikasi versi lite yang dianggap lebih ringan dibanding versilainnya. Aplikasi ini memang bisa diandalkan untuk lebih menghemat penggunaan baterai.

Aplikasi ini memang didesain untuk ponsel yang memiliki teknologi baterai standar atau cepat habis. Aplikasi lite memang dikenal lebih ramah konsumsi daya dan data dari pada versi standar sehingga bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk menghemat penggunaan baterai pada ponsel android kesayangan.

Sebelumnya, Anda juga harus mempelajari bagaimana penggunaan aplikasi versi lite dengan tepat karena tidak semua ponsel bisa mendapatkan efek yang maksimal dari penggunaan aplikasi versi lite ini. Oleh karena itu, pelajari terlebih dahulu dengan baik agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal dari aplikasi versi lite.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mencoba satu atau beberapa tips di atas? Setiap ponsel tentu memiliki spesifikasi masing-masing sehingga Anda harus bisa memilih tips yang tepat agar penggunaan baterai bisa lebih hemat. Dengan begitu, android tak sering cas dan Anda pun tak perlu bergantung pada powerbank.

(Visited 131 times, 1 visits today)