Baterai merupakan salah satu komponen pada smartphone yang sering kali rusak dan sering kali terjadi dialami oleh semua orang. Bentuk kerusakan yang sering terjadi yaitu salah satunya baterai kembung . Biasanya, pada keadaan tersebut baterai akan kehilangan kemampuannya untuk bisa menampung daya. Sehingga apabila digunakan, smartphone tersebut akan cepat sekali drop.

Ada beberapa hal faktor pemicu adanya baterai HP kalian kembung dan sebaiknya kalian hindari, diantaranya :

Membiarkan baterai kehabisan daya

Ini sering kali terjadi kita lakukan baik itu sengaja ataupun tidak, kita sering kali memakai nya sampai-sampai handphone kita mati. Dan perlu kalian ketahui, ini adalah salah satu faktor pemicu adanya kesehatan baterai handphone kalian menurun. Apabila daya baterai habis, ketika di charger akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Maka dari itu hindarilah kebiasaan tersebut.

Memakai handphone saat di charger

Sangat tidak baik menggunakan handphone saat di charger ya, ini sangat tidak di sarankan karena berpengaruh terhadap baterai handphone tersebut dan akan menyebabkan kesehatan baterai memburuk dan akhirnya rusak. Usahakan sebisa mungkin menunggu daya baterai handphone kalian penuh terlebih dahulu sebelum memakainya, dan jika memang ada kepentingan tertentu lebih baik lepaskan terlebih dahulu charger kalian.

Menggunakan charger KW

Sangat disarankan untuk kalian memakai charger bawaan yang original. Dan tahukah kalian, bahwa kualitas dari charger KW tersebut bisa mempengaruhi kesehatan baterai karena apa? Karena memang daya yang dihasilkan sudah sesuai dengan standar yang dibutuhkan oleh perangkat.

Selain dari penyebab diatas, ada juga beberapa tips cara mengatasi supaya baterai smartphone kalian tidak mengalami banyak kebocoran diantaranya, yaitu :

1. Lepaskan baterai dari handphone kalian

Ini jika jenis baterai handphone kalian removable yang masih mudah untuk dilepas ya, jika jenis baterai handphone kalian non removable kalian perlu bantuan kepada orang yang ahli karena itu membutuhkan penanganan yang khusus dan tidak sembarang bisa dilepas begitu saja .

2. Kipaskan untuk menurunkan suhu baterai

Salah satu tips untuk mengatasinya adalah dengan cara mengangin-anginkan baterai tersebut menggunakan kipas. Opsi lain yang bisa kalian coba adalah dalam ruangan ber AC, hal tersebut akan membuat suhu baterai lebih terjaga dan tidak terlalu panas ya teman-teman .

3. Pasang kembali baterai

Apabila kondisi baterai tersebut sudah tidak lagi kembung kalian bisa memasang nya kembali dengan hati hati, dan jika jenis baterai nya non removable pasangkan baterai tersebut oleh orang yang ahli dalam membongkar pasang .

4. Isi daya dengan charger original

Isilah daya baterai handphone anda dengan charger bawaan yang original supaya menjaga adanya kerusakan pada baterai yang digunakan .

5. Jaga suhu baterai tersebut

Tetaplah menjaga suhu baterai jangan sampai suhu baterai tersebut tinggi ataupun panas, jika suhu baterai kalian tinggi gunakan kipas untuk membantu menurunkan suhu tersebut.

6. Jaga daya mulai dari 50%-90%

Setelah saya teliti baterai yang baik berada pada daya 50%-90%, dan jika daya baterai hp kalian telah tersisa 50% cepatlah charger tetapi jangan terlalu lama di charger juga ya teman-teman maksimalkan sampai 90% saja.

Tips cara saya diatas memang sedikit memperbaiki, tetapi tetap saja ya teman-teman alangkah lebih baiknya jika baterai handphone kalian telah mengembung/hamil solusi terbaiknya adalah mengganti dengan yang baru. Karena pada dasarnya, memaksakan baterai yang telah bocor tidak begitu bagus, itu akan mengakibatkan kerusakan pada perangkat nya.

(Visited 172 times, 1 visits today)