Pada umumnya pengguna Windows OS bila ingin mematikan laptop dengan menggunakan tombol START, POWER, SHUTDOWN pada menu Windows. Berarti ada tiga kali langkah. Cara tersebut terus kita lakukan dari dulu dan tentu terkadang bikin kita bosan dan repot.

Pada tips ini akan memberitahu Anda cara shutdown laptop dan PC pada windows 10 dengan praktis, hanya dengan satu kali perintah saja, cara ini bisa diikuti untuk pengguna Windows versi apapun serta tidak perlu menggunakan aplikasi atau software tambahan. Kita akan membuat sebuah file program dengan bahasa pemrograman batch atau batch file.

Apa itu Batch file?

Batch file adalah sebuah file pengeksekusian yang berisi perintah yang dapat digunakan di sistem operasi windows. Bagi Anda yang masih awam dan penasaran ingin coba-coba maka Anda tidak perlu khawatir karena bahasa pemrograman ini begitu mudah dipelajari bagi pemula karena kode atau syntax-nya begitu singkat.

Namun bagi Anda yang malas mempelajarinya pun diperbolehkan langsung menyalin kode programnya.

Apa saja yang dibutuhkan?

  • Teks Editor, seperti Notepad
  • Bahasa pemrograman batch

Untuk menjalankan Notepad, caranya tekan tombol di keyboard Windows+R. Lalu ketik “notepad”.

Bahasa batch pemrograman ini sudah tersedia disetiap OS windows sehingga tak perlu menginstallnya.

Cara Shutdown Otomatis Windows 10 Tanpa Aplikasi

1. Pertama buka notepad-nya, Ketikan kode berikut ini pada notepad, untuk penjelasannya akan dijelaskan pada langkah selanjutnya.

@echo off

start shutdown.exe -s

2. Kemudian pilih file pada tab menu di atas lalu pilih Save As.

3. Arahkan file yang ingin disimpan pada folder yang di inginkan, pada tutorial ini menyimpannya di direktori D/Ms/shutdown.

4. Ketikan nama file yang ingin disimpan, contohnya “shutdown”.

5. Ganti format file-nya dari text documents (.txt) menjadi all (*.*).Kemudian ketikan .bat dibelakang nama file sebagai format file tersebut.Lalu klik save.

6. Maka tampilan file-nya pun akan menjadi ikon program batch.

7. Kemudian jalankan file programnya. Maka laptop atau PC Anda pun akan mati dengan otomatis dalam waktu 30 detik.

Penjelasan Mengenai Kode perintah

Penjelasan kode, Pertama kita buat @echo off  yang berfungsi untuk tidak menampilkan direktori pada CMD ketika di eksekusi. Syntax ini boleh tidak dipakai juga.

Kemudian kita buat syntax start yang berfungsi untuk mengeksekusi sebuah program, disini kita memerintahkan programshutdown.exe  untuk berjalan. Sedangkan –s  merupakan bawaan dari programnya yang wajib ada.

Maka laptop atau PC pun akan mati dalam waktu 30 detik sebagai standarnya. Namun apabila Anda ingin mengkustom waktu yang diinginkan untuk mematikan laptop hanya perlu menambahkan –t  dan diikuti waktu timer dalam detik yang diinginkan. Seperti contoh berikut

@echo off

start shutdown.exe -s -t 15

Dan juga apabila Anda ingin menampilkan pesan ketika laptop atau PC akan mati, Anda hanya perlu menambahkan –c dan ada pesan yang ingin ditampilkan dalam tanda kutip (“”).Seperti contoh berikut.

@echo off

start shutdown.exe -s -t 15 -c “komputer ini akan mati dalam waktu 15 detik”

Batch File yang sudah dibuat bisa digunakan seterusnya selama tidak dimodifikasi kodenya dan tidak terhapus. Anda bisa memodifikasi kode-kodenya bila Anda sudah paham tentang bahasa pemrograman batch tersebut.

Sekian tutorial mematikan laptop atau PC dengan otomatis. Selamat mencobanya.

(Visited 116 times, 1 visits today)