Buat Sebagian orang pasti tidak banyak yang tahu bagiaman Cara memindahkan data Android dari HP lama ke HP baru, sehingga membutuhkan waktu lama untuk melakukannya. Hal tersebut tentulah akan sangat menguras waktu. Padahal ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk memindahkan data android dari hp lama ke baru.

Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memindahkan data dengan mudah tanpa kendala apapun. Caranya adalah dengan menggunakan media online seperti misalnya Google Drive ataupun Google Photo. Kedua aplikasi ini menyediakan fitur pemindahan data tersebut untuk Anda.

Jika anda yang belum tahu, cara memindahkan data ini sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memahami cara penggunaan kedua aplikasi bawaan Google tersebut sebelumnya. Lalu Anda hanya perlu memastikan kalau seluruh data yang akan Anda pindahkan sudah difilter dengan baik.

Baca juga: Trik Memanfaatkan HP Android Lama yang Sudah tidak Terpakai

Melakukan cara memindahkan data Android satu ini akan menggunakan data, pastikan juga kalau smartphone Anda memiliki data yang memadai. Jika sudah dipersiapkan semuanya, kita bisa langsung melakukan Langkah-langkahnya. Ikuti paparan selengkapnya di bawah ini.

Memindahkan Data Android dengan Menggunakan Google Drive

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk memindahkan data dari android lama ke android baru adalah dengan aplikasi Google Drive. Cara memindahkannya juga tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.

  1. Pertama pastikan jika Anda sudah memiliki akun Google pada android tersebut. Ingat password log-in dan usernamenya. Jangan sampai lupa.
  2. Buka menu Settings pada aplikasi android tersebut
  3. Scroll hingga akhir menu sampai Anda menemukan “Go to the System menu”
  4. Pilih menu Backup.
  5. Pastikan toggle menu pada “Back up to Google Drive” diaktifkan.
  6. Pilih menu “Back up now”
  7. Sinkronkan data terakhir dari telepon Anda dengan Google Drive

Cara memindahkan data Android ini bisa mencakup apapun dari mulai file hingga kontak. Untuk melihat kontak yang Anda miliki, Anda bisa mengakses halaman contacts.google.com. Kemudian lihat apakah semua kontak Anda sudah terisi seluruhnya atau belum.

Sedangkan untuk data file yang Anda pindahkan, Anda bisa melihatnya langsung pada akun Google Drive yang Anda miliki. Bagi Anda yang belum tahu, satu akun Google biasanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB. Jadi kalau ukuran dari seluruh file Anda melampaui kapasitas tersebut, maka tidak akan seluruh file bisa dibackup. Namun hal itu bisa diakali dengan menggunakan akun google premium atau dengan membagi file menjadi dua bagian terlebih dahulu. Dilihat dari penjelasan di atas, cukup mudah untuk anda melakukannya.

Memindahkan Foto dan Video dengan Menggunakan Google Photo

Aplikasi selanjutnya yang dapat di manfaatkan sebagai Cara memindahkan data Android adalah aplikasi Google Photo. Tak hanya menggunakan google drive saja, Anda juga bisa memilih aplikasi satu ini untuk mengupdate data secara otomatis pada smartphone android Anda yang baru.

Cara yang digunakan kurang lebih sama, hanya akan ada beberapa langkah tambahan yang harus Anda lakukan untuk memaksimalkannya. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mengikuti beberapa langkah yang akan kami paparkan di bawah ini. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya secara berurutan.

  1. Pertama download dan buka aplikasi Google Photo.
  2. Selanjutnya pilih Foto dan video yang hendak di pindahkan.
  3. Lalu pilih resolusi foto tersebut, sangat direkomendasikan untuk memilih high quality.
  4. Kemudian pilih tombol Upload.
  5. Data tersebut sudah aman berada di akun Google Photo. Anda hanya tinggal mengunduhnya pada HP Android baru nantinya.

Namun selain cara diatas, ada juga Cara memindahkan data Android lain yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan fitur backup. Berikut caranya:

  1. Pilih menu Backup & sync pada smartphone.
  2. Pastikan toggle Back up & sync diaktifkan.
  3. Pastikan juga kalau Backup mode di set pada High quality.
  4. Pilih Back Up.
  5. Data sudah aman berada pada penyimpanan Google.

Apabila data-data tersebut Anda lihat pada akun Google Photo, Anda bisa langsung membackupnya dengan mudah pada hp baru Anda. Cukup login dengan akun Google yang sama, kemudian pilih pulihkan data Secara otomatis dan data Anda akan kembali muncul pada smartphone baru tersebut. Mudah sekali bukan? Tapi perlu diingat, bahwa cara ini hanya untuk memindahkan foto dan video saja.

Memindahkan Data Android dengan Menggunakan OTG

Mengenai Cara memindahkan data Android lain yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur OTG yang ada pada smartphone. Hanya saja fitur OTG ini tidak bisa ditemukan pada semua tipe android. Hanya beberapa diantaranya saja yang memiliki fitur tersebut.

Untuk menggunakan fitur satu ini hanya perlu menyiapkan hardware OTG terlebih dahulu. Pastikan juga kalau besaran penyimpanan pada OTG tersebut sesuai dengan kebutuhan pada penyimpanan smartphone Anda.

Fitur OTG yang digunakan sebagai Cara memindahkan data Android tidak terlalu sulit. Pertama, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur OTG Pada smartphone terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu dengan mengakses menu penyimpanan, lihat OTG. Cek kapasitasnya terlebih dulu.

Selanjutnya Anda bisa kembali pada penyimpanan smartphone Anda. Kemudian pilih file yang hendak dipindahkan. Lakukan langkah di bawah ini untuk memindahkannya pada OTG.

  1. Pilih file yang hendak dicopy.
  2. Pilih menu salin.
  3. Buka penyimpanan.
  4. Pilih menu OTG.
  5. Buat folder baru dengan nama sesuai keinginan Anda.
  6. Klik menu tempel.
  7. Tunggu hingga proses pemindahan data selesai.

Setelah langkah tersebut Anda selesaikan, Anda hanya perlu memindahkan OTG pada HP baru, lakukan Cara memindahkan data Android pertama sejak awal. Kemudian Anda bisa memindahkan data dari OTG tersebut pada Smrtphone baru Anda. Caranya adalah seperti di bawah ini.

  1. Aktifkan Menu OTG Pada smartphone.
  2. Pilih file pada OTG tersebut.
  3. Pilih menu salin.
  4. Buka penyimpanan pada smartphone.
  5. Pilih folder yang diinginkan.
  6. Klik tempel.
  7. Tunggu hingga proses pemindahan selesai.

Bagaimana? Mudah sekali bukan Cara memindahkan data Android lama ke android baru tersebut? Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya dari awal agar tidak terjadi kesalahan.

Memindahkan Data dengan Menggunakan Laptop atau Komputer

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan komputer atau laptop. Caranya sangat mudah. Pertama tama Anda hanya perlu mencari kabel data untuk memindahkan data dari smartphone ke komputer Anda. Pilih file yang akan dipindahkan terlebih dahulu. Setelah selesai Anda bisamencabut kabel data dari smartphone yang pertama.

Kemudian setelahnya Anda bisa menghubungkan smartphone baru Anda dengan komputer tersebut dan pindahkan data dari HP lama yang sudah ada pada komputer ke smartphone Anda yang terbaru. Lakukan dengan sabar, pastikan semua data dicopy tanpa terlewat. Setelah prosesnya selesai, Anda hanya perlu mengeceknya di HP android baru dan tetap memperhatikan cara memindahkan data android.

(Visited 190 times, 1 visits today)